Kapasitas Pasar Ikan Modern

  • Whatsapp

Liputan-pmi.com, Palembang – Pasar Ikan Modern yang dibangun dengan anggaran KKP sebesar Rp 22,94 miliar ini berdiri di atas lahan milik Pemerintah Kota Palembang seluas 9.025 m2. Selama proses pembangunan, untuk sementara lahan tersebut diserahkan kepada KKP.

Setelah selesai dibangun, Pasar Ikan Modern akan dikelola oleh Pemerintah Kota Palembang. Lokasi Pasar Ikan Modern dinilai sangat strategis karena berada di tengah kota, tepatnya di Jl. MP. Mangkunegara, Kecamatan Ilir Timur II, Kelurahan Ilir 8, Kota Palembang. Lokasi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir.

Bangunan Pasar Ikan Modern direncanakan akan terdiri dari 2 lantai dengan total luas bangunan mencapai 6.348 m2 ini. Di dalamnya, bangunan akan dilengkapi dengan 210 lapak yang terbagi atas 90 lapak ikan segar, 80 lapak ikan hidup, dan sisanya sebagai lapak ikan olahan kering dan kuliner, serta tempat pameran.

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti mesin es (ice flake machine) berkapasitas 1,5 ton, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), tempat parkir, mushola, kantor pengelola, gudang, dan pos jaga juga akan dibangun dalam area PIM.

KKP dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berharap, dengan letak yang strategis, arsitektur bangunan modern bernuansa atap adat Palembang, fasilitas pasar sesuai standar sanitasi dan higienitas, tempat promosi-edukasi, lahan parkir yang luas, dan fasilitas pendukung lainnya akan menjadikan Pasar Ikan Modern Palembang sebagai destinasi wisata baru masyarakat Palembang dan sekitarnya. Bahkan, diharapkan Pasar Ikan Modern ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Di penghujung acara, tak lupa Nilanto kembali mengingatkan bahwa setelah terbangun, Pasar Ikan Modern ini harus dapat langsung dioperasionalkan secara profesional dan dipelihara dengan baik.

“Sejak awal calon pengelola dimohon dapat menyiapkan operasional pasar secara simultan dengan pembangunan fisik agar tujuan yang kita harapkan dapat terwujud,” pungkas Nilanto. (Sindonews.com/ foto: ist)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *