WNI Pengantin Pesanan Dipulangkan Sampai Malaysia Kekeringan

  • Whatsapp

Liputan-pmi.com, Jakarta – Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (3/9) kemarin. Mulai dari belasan WNI korban ‘pengantin pesanan’ dipulangkan sampai kekeringan di Malaysia. Semua dirangkum CNNIndonesia.comdalam kilas internasional.

Sebanyak 14 perempuan Indonesia korban kasus pengantin pesanan di China berhasil dipulangkan ke Indonesia pada Selasa (3/9).

Kementerian Luar Negeri RI menuturkan belasan WNI itu berasal dari Jawa Barat dan Kalimantan Barat. Mereka dipulangkan melalui pendampingan Kedutaan Besar RI di Beijing.

Kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) berkedok perjodohan marak terjadi belakangan. Sejak Januari-Juli 2019, tercatat ada 32 kasus pengantin pesanan yang ditangani Kemlu RI.

Puluhan perempuan itu dijodohkan dengan pria Tiongkok dengan iming-iming kesejahteraan yang terjamin. Namun, dalam beberapa kasus, uang yang diberikan agen tidak sesuai dengan perjanjian awal dengan alasan biaya administrasi dan logistik lainnya.

Selepas dipersunting dan dibawa ke China, para perempuan itu juga malah dipekerjakan sebagai buruh dan kerap disiksa.

Ribuan mahasiswa Hong Kong menggelar aksi mogok kuliah selama dua pekan sejak Senin (2/9) kemarin. Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap demonstrasi yang kini memasuki bulan keempat.

Dilansir dari AFP, Selasa (3/9), banyak mahasiswa memilih melewatkan kegiatan belajar pada hari pertama masuk setelah libur musim panas dan berkumpul di pusat kota.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *