Kemenaker Akan Maksimalkan Peningkatan SDM

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.id – Kementerian Ketenagakerjaan akan memaksimalkan pemanfaatan untuk mewujudkan khususnya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia sesuai arahan Presiden Jokowi dalam pembukaan Musrenbang 16 Desember lalu, yakni lima prioritas pembangunan lima tahun kedepan.

Yang pertama, Menaker, Ida Fauziah, menjelaskan, saya kira semua kita tahu bahwa konsentrasi kita adalah pembangunan sumber daya manusia dengan tujuan mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil dan berkarakter.

“Untuk keluar dari jebakan yang mencerminkan SDM handal dan naik kelas. SDM yang berpendapatan tinggi Indonesia harus mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya, ini sejalan dengan yang akan dilakukan oleh Pak Presiden.Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang rendah disebabkan oleh rendahnya produktivitas.Kunci utama peningkatan produktivitas adalah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia,”jelas Menaker, Ida Fauziah, pada acara Serah Terima Gedung/Bangunan Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, di kantor Kemenaker, Jakarta, Kamis (19/12/2019)

Selanjutnya menurut Menaker, pembangunan infrastruktur dengan tujuan mendukung aktivitas perekonomian serta mendorong pemerataan pembangunan nasional. Perundang-undangan nasional infrastruktur adalah yang terkait dengan menyambungkan konektivitas dan logistik diharapkan akan berdampak positif sebagai faktor pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi.

Kemudian yang ketiga, penyederhanaan bentuk kendala regulasi pertumbuhan investasi, dan kemudian berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.Kita sadari saat ini masih sangat banyak ditemukan tumpang-tindih regulasi yang menyebabkan belum maksimalnya peran pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Keempat, penyederhanaan birokrasi, dan kelima transformasi ekonomi pembangunan akan fokus pada upaya transformasi dari ketergantungan sumber daya alam dan daya saing manufaktur dan jasa modern yang memiliki nilai tambah.

Menurut Ida, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia akan menterjemahkan lima arahan itu, ke dalam rencana strategis tahun 2020 sampai tahun 2024.Salah satunya yang menjadi fokus utama rencana strategis Kementerian Ketenagakerjaan adalah pembangunan sumber daya manusia.

“Sumber daya manusia khususnya sumber daya manusia tenaga kerja melalui pendidikan pelatihan vokasi di politeknik Ketenagakerjaan dan Balai Latihan Kerja milik pemerintah atau milik swasta,”kata Ida Fauziah.

Terkait penyerahan aset YTKI, dia betharap dengan diserahkannya aset ini
terlebih dahulu akan dirumuskan dengan arahan dari KPK, dari BPK dan arahan dari Menteri Keuangan.”Mudah-mudahan apa yang menjadi kegalauan, dengan penyerahan ini saya kira kita akan pikirkan secara serius.Saya yakin dan percaya bahwa kita bisa memilih prosesnya dan penggunaannya secara baik untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.”ungkap Ida Fauziah (rzl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *