Asda I Pemkab Subang Buka Job Fair Disnakertrans Subang 2020

  • Whatsapp

Subang, Apjatinews.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang, Jawa Barat menggelar Job Fair bagi para pencari kerja dalam negeri dan pencari kerja luar negeri, khususnya bagi para pencari kerja ke Saudi Arabia melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Agenda Job Fair dilaksanakan sehari penuh Rabu, 12 Februari 2020 dari pukul 08.00 – 16.00 WIB di halaman Kantor Disnakertrans  beralamat di Jl. Mayjen Sutoyo Siswomiharjo No.48, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Mewakili Bupati Subang, Ruhimat yang berhalangan hadir, Asisten I (Asda) Pemda Kabupaten Subang, Asep Nuroni mengapresiasi terselenggaranya Job Fair ini yang melibatkan baik perusahaan dari dalam negeri maupun anggota perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) yang ikut berperan serta dalam membantu pemerintah daerah menanggulangi tingginya lonjakan pengangguran.

“Kami berterimakasih kepada perusahaan swasta di Subang dan juga khususnya kepada Apjati yang telah ikut mencarikan solusi bagi sulitnya pemkab Subang mengatasi masalah pengangguran,” ujar Asep di kantor Disnakertrans Subang.

Menurut Asep, data statisik para pencari kerja di Kab. Subang saat ini angkanya tingkat pengangguran Subang yang relatif masih tinggi di bandingkan dengan rata angka pengangguran di Jawa Barat. Bila di nasional angkanya 5,8 di Subang angka 8,5 persen begitu tinggi sementara Jawa Barat 7.9.

“Alhamdulillah, kegiatan ini menjawab persoalan pengangguran yang begitu kompleks dan keinginan Pak Bupati yang memiliki semboyan Jawara yaitu perlindungan kepada warga Subang yang akan berangkat kerja ke luar negeri,” ujar Asep disambut apllause peserta.  

Asep menambahkan, Pemkab Subang sangat terbantu dengan adanya penempatan sistem satu kanal, secara online ke kerajaan Arab Saudi di bawah kendali pemerintah Indonesia. Dengan sistem online yang terintegrasi antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi diharapkan dapat memberikan perlindungan maksimal kepada PMI asal Subang.

“Kami mengharapkan melalui Job Fair ini dapat menyerap tenaga kerja  sebanyak-banyaknya bisa di atasi masalah pengangguran seminial mungkin sekaligus penciptaan kesejahteraan bagi masyarakat Subang. Termasuk meminimalisir oknum ketenagakerjaan yang tidak bertanggungjawab,” harapnya.

Kepala Disnakertrans Kab. Subang, Kusman Yuhana

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kab. Subang, Kusman Yuhana menambahkan  Kadisnakertrans Subang, pihaknya mengapresiasi upaya Apjati dalam mengawal program penempatan Calon PMI melalui model SPSK. Dia mengharapkan dengan model SPSK tidak ada lagi PMI yang pulang dengan membawa masalah ketenagakerjaan.

Pemkab Subang memahami bahwa, SPSK ini merupakan model penempatan yang baru di mana PMI mempunyai pilihan untuk bekerja di luar (live out) dengan difasilitasi oleh syarikah di Saudi.

Kadisnakertrans menjelaskan, bahwa ­­­­aturan SPSK itu mengikuti Kepmenaker Nomor 291 Tahun 2018 yaitu berisi tentang Pedoman Pelaksanaan Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di Kerajaan Arab Saudi Melalui Sistem Penempatan Satu Kanal.

“Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa penempatan PMI sektor perempuan ke Arab Saudi hanya boleh dilakukan program SPSK. Program ini merupakan alternatif terbaik untuk melindungi penempatan PMI ke Arab Saudi. Di luar penempatan SPSK, saya minta jajaran kepolisian Subang untuk mencegahnya karena itu jelas traafficking” paparnya.

Job Fair Subang ini dihadiri Kadisnakertrans, Asep Nuroni, Plt. Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Lili Setia Rini, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang, Dermon P. Nababan, SH, MH, Kasi Penyiapan Penempatan Luar Negeri Kemenaker, Endang Wora, Kadisnakertrans  Subang, Kusman Yuhana.

Sementara dari Apjati hadir Sekjen, Kausar Tanjung, SE, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi, Eireka SH, Ketua Bidang Organisasi, Jurmaini Syakur, Ketua Divisi Taiwan, Direktur Media Center, Zulfikri D. Jacub, Yohny, Ketua DPD Apjati Jabar, Kenus Sitinjak, Wakilnya, Zarkasih, Bidang Advokasi Parlin Sihombing, P Ginting, Agus Erwin, dan Zainuri, Dirut PT Tri Akmi Sentosa, Agus Bejo, Dirut PT. Sabrina Pramitha, Arifin, Dirut PT. Avida Avia Dita, Annas, Unsur Sarkes, Haidar, serta pemantau dari Koordinator Federasi Migran Indonesia (Formigran), Jamaludin Suryahadikusumah. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *