Apjati Apresiasi Kesiapan Pemkab Subang Bantu PMI ke Saudi

  • Whatsapp

Subang, Apjatinews.id – Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) memberikan apresiasi terhadap upaya stake holder pemerintah kabupaten Subang dalam membantu kesiapan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Subang untuk bekerja ke Saudi Arabia melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Apjati, Kausar Tanjung, SE ketika memberikan sambutan pada Pembukaan Job Fair Disnakertrans Subang 2020 yang dilaksanakan sehari penuh Rabu, 12 Februari 2020 dari pukul 08.00 – 16.00 WIB di halaman Kantor Disnakertrans beralamat di Jl. Mayjen Sutoyo Siswomiharjo No.48, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Menurut Kausar, selama berjalannya Job Fair pihaknya telah mendengar secara langsung banyaknya kemajuan yang diberikan pemerintah kabupaten Subang untuk membantu Calon PMI yang ingin bekerja ke Saudi Arabia melalui SPSK. Dukungan pemda yang diberikan yaitu mulai dari adanya kemudahan dan kecepatan layanan dokumen pada lembaga Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di mana dengan adanya layanan ini Calon PMI/ PMI tidak perlu lagi mengurus rangkaian dokumen keberangkatannya di tempat terpisah. Proses dari registrasi hingga pasporan kini bisa dilakukan di LTSA.

Apjati memahami, bahwa selama ini banyak dokumen PMI yang bermasalah seperti pemalsuan dokumen umur. Karena itu, jika calon PMI ingin membetulkan dokumennya sesuai dengan akta kelahiran, maka Pemkab Subang melalui kantor Pengadilan Negeri Subang memberikan layanan secara online dan gratis bagi CPMI yang tidak memiliki biaya.

“Apa yang dilakukan PN Subang ini sungguh luar biasa dan patut kami apresiasi. Kami mencatat ada 375 dokumen CPMI ke Saudi yang bisa diperbaiki secara gratis,” ujar Kausar disambut applause peserta Job Fair.

Kausar menambahkan, untuk Job Fair kali ini diadakan secara serentak di mana selain di Subang, Apjati melalui Ketua Umumnya, Ayub Basalamah juga mengikuti Job Fair untuk sosialisasi PMI ke Saudi melalui SPSK bertempat di kantor LTSP NTB, Rabu (12/2/2020).

“Kami mengharapkan dengan sistem SPSK ini mampu menghindari penempatan Calon PMI yang ilegal, unskill dan  tidak siap kerja,” paparnya. 

Sementara itu, Kasi Penyiapan Penempatan Luar Negeri Kemenaker, Endang Wora, Kadisnakertrans menambahkan saat ini Kepmen 260 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Pada Pengguna Perseorangan Di Negara-Negara Kawasan Timur Tengah masih berlaku dan belum dicabut. Adapun penempatan Calon PMI/ PMI ke Saudi ini berjalan karena memang telah ditetapkan melalui Permen 291 Tahun 2018 tentang Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Satu Kanal ke Arab Saudi

Job Fair Subang ini dihadiri Kadisnakertrans, Asep Nuroni, Plt. Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Lili Setia Rini, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang, Dermon P. Nababan, SH, MH, Kasi Penyiapan Penempatan Luar Negeri Kemenaker, Endang Wora, Kadisnakertrans  Subang, Kusman Yuhana, serta unsur Polres dan Dandim Subang.

Sementara dari Apjati hadir Sekjen, Kausar Tanjung, SE, Ketua BidanHukum dan Advokasi, Eireka SH, Ketua Bidang Organisasi, Jurmaini Syakur, Ketua Divisi Taiwan, Yohny, Ketua DPD Apjati Jabar, Kenus Sitinjak, Wakilnya, Zarkasih, Wakilnya, Patut Ginting, Bidang Advokasi Parlin Sihombing dan Erwin, Zainuri. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *