Pemda Brebes Mulai Aktif Sosialisasikan Sistem Penempatan PMI Ke Saudi Arabia

  • Whatsapp

Brebes, Apjatinews.id –  Kabar gembira bagi para pencari kerja ke luar negeri khususnya ke Saudi Arabia. Hal ini disebabkan pemerintah daerah Brebes melalui kantor Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerprin) telah  meresmikan pembukaan kantor PT. Bursa Usaha Migran Indonesia (BUMI) Cabang Brebes untuk mensosialisasikan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Saudi Arabia melalui  Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Hadir pada launching (peresmian) kantor PT. Bumi Brebes ini Kepala LTSA Disnakerprin Brebes, Zainal Arifin, dan stafnya Fatoni, Sekjen Asosiasi Perusahaan Jasa TKI (Apjati), Kausar Tanjung, SE., didampingi Kepala Divisi Taiwan Yhonny, Direktur Media Center, Zulfikri D. Jacub, Pemantau Migran Watch Indonesia, M. Chairul Hadi, Koordinator Federasi Organisasi Migran Indonesia (Formigran), Jamaludin Suryahadikusuma, Kepala  Cabang PT. Bumi Brebes, Burhanudin, para kepala desa, para petugas informasi kerja, dan Calon PMI/ dan Mantan PMI Arab Saudi.  

“Pada hari ini kami resmikan pembukaan Kantor Cabang PT. Bumi Brebes untuk sosialisasikan penempatan PMI ke Saudi Arabia melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK),” ujar Kepala LTSA Disnakerprin Brebes, Zainal Arifin di Brebes, Kamis (5/3/2020).

Menurut Zainal, pihaknya sudah mengetahui Kementrian Tenaga Kerja RI telah mengeluarkan Permenaker 291 Tahun 2018 tentang Penempatan PMI Arab Saudi melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK). Karena itu, pihaknya akan membantu upaya PT. Bumi Cabang Brebes untuk mensosialisasikan penempatan PMI ke Saudi Arabia melalui SPSK.   

“Kami mengharapkan dengan penempatan PMI ke Saudi Arabia melalui model SPSK ini akan menurunkan secara drastis penempatan PMI secara nonprosedural asal Brebes,” harapnya.

Ditemui usai pertemuan, Kepala Kantor Cabang PT BUMI Cab. Brebes, Burhan menginformasikan bahwa alamat kantornya berada di desa Jayapura RT. 05 RW 03 Kec. Kesana Kab. Brebes, Jawa Tengah. Para pencari kerja ke Saudi bisa menghubungi di nomor selular/ WA: 0878-4868-7491. Kantor Buka Senen-Jumat adapun Sabtu buka setengah hari.

Terkait persyaratan, Burhan meminta agar ketika datang ke kantornya membawa dokumen berupa KTP, KK, Izin Keluarga, dan Akta lahir. Usia yang diminta yaitu Wanita usia 21-39 tahun, sehat jasmani dan rohani, tinggi berat badan seimbang, pendidikan berbasis kompetensi.  (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *