Dampak Lockdown, Warga Saudi Akan Menerima Kompensasi 40 Juta Rupiah Per Bulan

  • Whatsapp

Saudi, Apjatinews.id – Raja Saudi Arabia, Salman Bin Abdulaziz Al Saudi, pada Jum’at (03/04/2020) menerbitkan kebijakan untuk menggelontorkan uang negara sebesar 9 milyar Riyal Saudi (40 triliun rupiah). Dana tersebut dipergunakan untuk membayar 60% gaji para warga Saudi Arabia selama 3 bulan yang bekerja di sektor swasta.

Mengutip dari Saudi Press Agency, kebijakan tersebut merupakan upaya dari Raja Saudi Arabia guna menyelamtkan warganya atas imbas Pandemi Virus Corona (Covid-19).

Untuk memanfaatkan hal tersebut, perusahaan–perusahaan swasta yang terkena dampak Pandemi Corona dapat mengikuti peraturan dan persyaratan yang ditetapkan dalam Sistim Asuransi Pengangguran (SANID).

Prosedurnya yaitu setiap pemilik perusahaan sudah harus mengajukan hal tersebut mulai bulan April 2020 ini melalui Organisasi Umum Asuransi Sosial (GOSI) dengan permintaan pembayaran kompensasi bulanan untuk pekerjanya berkewarganegaraan Saudi Arabia sebesar 60% dari gaji yang terdaftar di asuransi sosial selama tiga bulan dan maksimum 9 ribu Riyal Saudi (40 juta rupiah) per bulan.

Berdasarkan data Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia, terdapat 1,2 juta warga Saudi Arabia yang bekerja di perusahaan sektor swasta dan akan memanfaatkan kebijakan tersebut. Adapun pencairan dana konpensasi tersebut dilakukan pada awal bulan Mei 2020.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan rilis terbaru Kementerian Kesehatan Saudi Arabia pada Jum’at (03/04/2020) diketahui ada 2,039 orang positif virus corona dan 351 orang dinyatakan sembuh serta 25 orang meninggal.

Kontributor Saudi Arabia: Sharif Rahmad

Editor: Zulfikri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *