Seluruh DPD Apjati Minta Ayub Basalamah Pimpin Kembali Apjati Periode 2020-2024

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.id – Meski pesta demokrasi pemilihan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) baru akan berlangsung pada Musyawarah Nasional (Munas) Apjati pada November 2020 mendatang, suara-suara munculnya Calon Ketua Umum baru sudah menyeruak ke publik.

Adalah DPD Apjati Jawa Barat yang mengawali permintaan agar Ketua Umum Apjati periode sekarang, Ayub Basalamah untuk kembali memimpin Apjati untuk periode 2020-2024 mendatang. Sekretaris DPD Apjati Jawa Barat, Ginting mewakili seluruh P3MI yang ada di DPD Apjati Jabar meminta kesediaan Ketua Umum Apjati, Ayub Basalamah untuk memimpin kembali DPP Apjati.

Deklarasi DPD Jabar itu disaksikan secara live melalui fasiltas Webinar oleh 11 DPD Apjati lainnya.

Pernyataan DPD Apjati yang diwakili oleh Sekretarisnya, Ginting itu disampaikan pada saat usai kegiatan “Silaturahmi Keluarga Besar Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) Bersama Kepala BP2MI, Benny Rhamdani” di Gedung Bellavista di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/6/2020).

Menurut Ginting, semenjak Bapak Ayub memimpin Apjati selama 7 tahun lebih, komunikasi antar pengurus DPP dengan DPD sangat mencair karena tipe beliau adalah orang yang mau belajar dari anggota, melakukan komunikasi yang rutin baik dalam Rapat Koordinasi maupun dalam komunikasi antar pribadi.

“Beliau memiliki kharisma yang tinggi, dan sangat baik komunikasinya dengan pemerintah maupun pihak asosiasi agency luar negeri dalam rangka kepentingan anggota. Dia juga sangat consern terhadap perlindungan PMI dengan membuat program-program tata laksana penempatan yang lebih simple dan efektif,” imbuhnya.
Ginting menambahkan, segudang prestasi diraih Pak Ayub.

Terobosan Ketum Apjati untuk perluasan penempatan baru juga disambut baik anggota Apjati. Sejumlah kawasan seperti Eropa Timur, Jepang dan China terus dijajaki dalam rangka membantu bisnis anggita.

Adanya informasi pasar kerja dibeberapa Negara antara lain Jepang meminta banyak tenaga skill di luar sektor kesehatan. Polandia juga banyak membutuhkan tenaga kerja sektor perkapalan dan tenaga las. China membutuhkan ribuan banyak tenaga sektor perikanan baik darat maupun laut.

Rencana program penjajakan ke Negara penempatan yang baru itu sayangnya terkendala pada awal Maret 2020 yaitu terjadi penyebaran Pendemi Covid-19. Pemerintah pun akhirnya menerbitkan Kepmen 151/2020 tentang Penutupan Sementara Penempatan PMI ke seluruh negara penempatan.

“Soal Kepmen ini, Pak Ayub telah melakukan kajian komprehensif dan memberikan masukan kepada pemerintah agar segera membuka kembali penempatan PMI utamanya ke kawasan yang sudah siap menerima PMI seperti Hongkong dan Taiwan,” papar Ginting.

Ayub juga berhasil menambah jumlah DPD yang semula 5 menjadi 11 wilayah propinsi yang potensial PMI.

Di bidang advokasi PMI dan anggota juga beliau ikut terjun langsung ke lapangan, termasuk untuk PMI yang bermasalah di Luar Negeri.
Terkhusus dalam penambahan deposito Rp1,5 M bagi P3MI, Pak Ayub punya andil yang besar sebagai penghubung dengan pihak bank.

Senada dengan dukungan yang diberikan DPD Apjati Jabar, pada saat yang sama seluruh DPD lainnya juga mendukung sepenuhnya pencalonan Ayub untuk maju sebagai Ketua Umum Apjati periode mendatang.

“Pak Ayub sudah terbukti, terukur kinerjanya dan berhasil membangun sinergitas yang sangat baik dengan pemerintah, Perwakilan Luar Negeri, dan stakeholder swasta dalam dan luar negeri.

“Kami tetap menginginkan Pak Ayub tampil kembali lantaran ada pekerjaan terkait Reformasi Tata Kelola dan Tata Niaga PMI yang dibangun Pak Ayub untuk seluruh kawasan penempatan PMI yang belum selesai. Artinya, kami masih memerlukan kehadiran Pak Ayub untuk menuntaskannya. Dan itu hanya mungkin berjalan bila Pak Ayub memimpin kembali Apjati Periode 2020-2024,” ujar Mazlan.

Bagi Ketua Apjati NTB, Muhammadon, pak Ayub merupakan figur yang konsisten antara ucapan dengan tindakan.
Dokumen Deklarasi Pernyataan Sikap DPD Jabar untuk meminta Ayub Basalamah memimpin kembali Apjati diterima oleh Ketua Apjati Ayub Basalamah di Gedung Bellavista disaksikan seluruh jajaran Pengurus DPP Apjati, DPD Apjati Jabar, P3MI Anggota Apjati dan seluruh Pengurus DPD Apjati melalui fasilitas Webinar.

Ayub pun kemudian menjawab permintaan DPD Jabar.

“Intinya, jika semua anggota P3MI yang ada di 11 DPD dan P3MI Anggota Apjati wilayah DKI Jakarta meminta saya untuk terus memimpin Apjati guna melanjutkan program-program, insya Allah saya siap menerima amanah ini,” pungkas Ayub. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *