Apjati Harapkan Dubes Bantu Tingkatkan Kerja Sama Soal PMI

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.id – Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) yang dipimpin Ketua Umum Apjati, Ayub Basalamah mengucapkan selamat dan sukses kepada 20 putra terbaik yang dilantik sebagai duta besar (Dubes) oleh Presiden RI Jokowi beberap waktu lalu.

Apjati sangat menaruh harapan besar terhadap langkah Presiden Jokowi dengan melantik para dubes tersebut.

Ayub Basalamah berharap, kehadiran Dubes itu daapt mematangkan kerja sama Pemerintah Indonesia dengan negara di bidang ketenagakerjaan.

“Kerjasama ini meliputi berbagai hal, khususnya penempatan tenaga kerja terampil Indonesia di luar negeri, perluasan program pemagangan SDM Indonesia, dan peluang investasi.

Menurutnya, masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi kerja sama internasional. Meski demikian, kondisi ini tidak lantas mengurangi semangat untuk melanjutkan kerja sama khususunya PMI.

“Kami percaya bahwa kemitraan dan solidaritas kita merupakan kunci utama untuk bangkit kembali dan menjadi lebih baik pasca pandemi Covid-19 ini,” kata Ayub Jumat (18/9/2020).

Menurut Ayub, pemerintah Indonesia terus meningkatkan perlindungan bagi warga negara Indonesia (termasuk PMI) dan meningkatkan kerangka regulasinya.

Ditekankan, Indonesia disebutnya hanya akan melakukan penempatan PMI apabila negara penempatan memiliki kerangka hukum yang menjamin perlindungan pekerja asing di negara tersebut. Indonesia telah memiliki kesepakatan bilateral dengan negara penempatan yang menjamin perlindungan PMI.

“Untuk itu, besar harapan kami agar Duta Besar untuk negara sahabat dapat memberikan dukungan untuk kesempatan kerja yang lebih luas bagi PMI, khususnya pekerja terampil serta mendorong pemerintah setempat untuk dapat melakukan MoU dengan Pemerintah Indonesia soal penempatan pekerja Indonesia di luar negeri. (iqi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *