Apjati Apresiasi Menaker Ida Terpilih sebagai Ketua Menteri Ketenagakerjaan Se-ASEAN

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.id – Peluang promosi ketenagakerjaan Indonesia di kancah Asean khususnya dan dunia kian terbuka lebar paska Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziah  menjabat Chair of ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) atau Ketua Menteri-Menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN untuk masa jabatan periode 2020 hingga 2022.

“Apjati mengapresiasi dan bangga Menaker Ida menjabat sebagai Menaker Se-Asean. Sebagai Kartini jaman now,  terpilihnya ibu Hj. Ida Fauziah sangat membanggakan Indonesia di kancah internasional,” ujar Ketua Umum Apjati, Ayub Basalamah dalam kiriman rilis di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Menurut Ayub, terpilihnya Menaker Ida Fauziah tidak lain karena memang beliau dikenal sebagai menteri yang tangguh, cerdas dan mampu menyelesaikan segala masalah ketenagakerjaan baik di luar dan di dalam negeri.

“Apjati berharap peluang ini akan menjadi terobosan baru untuk membuka pasar kerja internasional di dalam masa Covid-19 di mana saat ini ekonomi dunia dalam kondisi  memburuk. Indonesia saat ini menjadi negara dengan bonus demografi berupa angkatan tenaga kerja melimpah dan ini bisa menjadi peluang untuk meningkatan ekonomi Indonesia khususnya perekonomian di pedesaan,” terang Ayub.

Ayub menambahkan, Apjati optimis langkah menaker ini menjadikan gairah baru bagi Indonesia di kancah internasional khusus dibidang tenaga kerja.

Sebelumnya seperti diberitakan media, Menaker Ida Fauziyah secara resmi menjabat Chair of ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) atau Ketua Menteri-menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN untuk masa jabatan periode 2020 hingga 2022.

Menaker Ida langsung memimpin pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN tersebut usai serah terima jabatan dari Tuan Haji Awang (Malaysia) selaku Ketua periode 2018-2020, melalui hybrid virtual meeting di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

“Tahun ini giliran Menaker Indonesia menjadi ketua forum kerja sama ASEAN bidang ketenagakerjaan periode 2020-2022, ” kata Menaker Ida.

Menaker Ida menjelaskan, ALMM merupakan pertemuan tingkat Menteri ASEAN bidang ketenagakerjaan yang digelar setiap dua tahun sekali dan dihadiri oleh sepuluh negara anggota ASEAN.

Selain itu, dilakukan pertemuan ALMM+3 yang diikuti 10 Menaker negara ASEAN dan tiga negara mitra ASEAN yaitu Jepang, Republik Korea dan Republik Rakyat Tiongkok.

“ALMM merupakan forum diskusi, tukar informasi dan pengalaman/praktek terbaik tentang dampak transformasi digital terhadap pasar kerja dan jenis pendidikan vokasi yang dibutuhkan. Termasuk juga membahas hubungan kerja, dialog sosial dan jaminan sosial bagi pekerja di era ekonomi digital, ” katanya.

Menaker Ida mengatakan, Indonesia selaku Ketua ASEAN bidang ketenagakerjaan periode 2020-2022 mengusung tema mempromosikan pekerja ASEAN untuk daya saing, ketahanan, dan ketangkasan dalam menghadapi pekerjaan masa depan. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *