Ayub Basalamah Sampaikan Pidato Pertanggungjawaban sebagai Ketum APJATI 2016-2020

  • Whatsapp

Bandung, Apjatinews.id – Memasuki hari kedua Musyawarah Nasional APJATI 2020 yang berlangsung di kota Bandung, Ketua Umum Apjati Periode 2016-2020, Ayub Basalamah menyampaikan ucapkan terimakasih dan penuh bangga disela sela kesibukan kenegaraan atas kesediaan Bapak Presiden Jokowi untuk membuka acara munas APJATI Tahun 2020.

“Kami ucapkan terimakasih juga kepada Ibu menteri bersama jajarannya, kepala BP2MI bersama jajarannya dan Para Pejabat Pemerintah yang juga ikut bergabung bersama sama untuk memberikan sambutan dan arahan pada acara MUNAS APJATI di Hotel Grand Mercure Bandung ini. Ini menjadi semangat baru bagi kami dan Anggota APJATI,” (28/11/2020).

Menurut Ayub, MUNAS APJATI merupakan sarana kedaulatan anggota untuk mengungkapkan pendapat, pikiran dan perumusan arah serta tujuan organisasi demi keberhasilan organisasi. Munas APJATI Tahun 2020 kali ini mengambil tema “Pekerja Migran Indonesia Harus Mampu Memenuhi Pasar Kerja Global.”

Pemilihan tema ini dilandasi oleh semakin banyaknya Negara Sumber berlomba berlomba menempatkan Migran ke Negara Pengguna. APJATI perlu mendorong kepada seluruh P3MI Anggota APJATI untuk mencari pasar kerja Internasional.

Ayub menuturkan, pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga dan memaksa untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar kebaikan dan kepatutan yang baru untuk bagaimana menempatkan PMI sesuai dengan protokol kesehatan.

“APJATI sebagai mitra strategis pemerintah akan memberikan segalanya yang kita miliki untuk kemajuan negeri tercinta Indonesia dan APJATI selalu siap bersama-sama dengan pemerintah kapan saja menjadi garda terdepan bagi perlindungan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum APJATI mengajak seluruh peserta yang hadir maupun peserta webninar MUNAS APJATI untuk bersama mensukseskan MUNAS dengan optimis dan semangat.

“APJATI adalah satu satunya organisasi pengusaha penempatan pmi terbesar yang selama ini telah berkontribusi terhadap Negara dan bangsa serta memiliki hubungan yang begitu baik dengan pemerintah. APJATI juga mempunyai komitmen untuk mendukung langkah pemerintah dalam -mensukseskan program program kerja yang berkeadilan dan mengangkat harkat martabat bangsa,” terang Ayub.

MUNAS APJATI 2020 ini sebelumnya pada Jumat dibuka dengan resmi oleh Presiden Joko Widodo. Setelah itu, dilanjut dengan sambutan virtual Menaker Ida Fauziah dan sambutan resmi dari Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

Hadir sejumlah pejabat seperti, Duta-Duta Besar Republik Indonesia yang ada di Negara Penempatan, Duta – Duta Besar Negara Penempatan yang ada di Republik Indonesia, Dirjen Protokoler Kemlu, Andy Rachmianto, Dirjen Binapenta dan PKK Kemenaker, Drs Suhartono, M.M, . Dirjen Imigrasi yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Konjen Jeddah, Eko Hartono, Ketua Umum KADIN yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan, Andi Supit, Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat yang diwakili oleh Direktur Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol Yaved Duma Parembang, SIK, M.Si, Direktur Bank BJB atau yang mewakili.

Juga hadir Direktur Bank BNI atau yang mewakili, Direktur PPTKLN Kemenaker, Atase – Atase Tenaga Kerja RI yang ada di Negara penempatan, Ketua Umum. Direktur Utama Garuda Indonesia yang diwakili oleh Manager Penerbangan Garuda Indonesia, Tessa Adelina, Dewan Pengurus Pusat HIPTEK, Dewan Pengurus Pusat AP2TKI, Forum LSP 22, Dewan Pertimbangan Organisasi APJATI, dan Dewan Pengurus Pusat APJATI serta DPD – DPD APJATI.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *