APJATI akan Dorong Wisman Melalui Penempatan PMI

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.com – Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) akan mendorong dan membantu langkah Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) melalui penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Apjati Periode 2020-2024, Ayub Basalamah mengomentari pengangkatan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Jakarta pada Selasa (22/10/2020

Menurut Ayub, Presiden Jokowi telah mengangkat Sandiaga Uno sebagai figur yang tepat untuk memimpin kementrian ekonomi kreatif. Sandiaga Uno selama ini memang dikenal selain sebagai pengusaha papan atas juga sebagai tokoh yang mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain itu, kata Ayub yang lebih penting lagi yaitu Sandiaga Uno juga pernah bekerja di sebagai Vice President Executif di perusahaan NTI Kanada hingga tahun 1997.

“Jadi Bang Sandi sejatinya memiliki pengalaman bekerja sebagai PMI di luar negeri,” paparnya.

Ayub menambahkan, keberadaan PMI saat ini menjadikan gugus terdepan dalam mendorong wisata dan devisa negara lewat ekonomi kreatif.

“Apjati akan segera memberikan masukan positif dalam medorong wisata Indonesia lewat penempatan PMI,” paparnya.

Apjati mencatat, dari 9 juta data word Bank dan sekitar 4 jutaan data dari BP2MI, PMI di luar negeri ini bisa diharapakan menjadi kepanjangan tangan untuk mempromosikan wisata Indonesia karena dari banyaknya jumlah PMI diluar negeri dan yang akan diberangkat untuk ditempatkan ke negara penempatan.

“Kalau bisa menggait 50 persen saja kedatangan wisman, maka hal ini sudah sangat luar biasa. Apjati akan serius mendorong semua peluang dalam meningkat ekonomi Indonesia melalui penempatan PMI ke luar negeri,” imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini banyak pengguna PMI di luar negeri yang membutuhkan jasa PMI yang berkompetensi dan Apjati segera melakukan langkah cepat bersama pemerintah terkait upaya untuk membangun ekonomi pedesaan.

Apjati juga telah memberi masukan kepada pemda agar terus menggali potensi wisata untuk dipromosikan melalui penempatan PMI kita ke mancanegara. Kerena banyak kantong-kantong PMI juga sebagai sumber wisata seperti BALI, NTB, Jabar, Jatim, dan Jateng serta banyak lagi daerah lain yang bisa dipromosikan dan dikunjungi oleh pengguna jasa PMI kita dari Eropa, Aspac, Timur Tengah dan negara-negara lainnya. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *