Aparat Taiwan Tangkap Renternir Pinjamkan Uang ke Pekerja Migran dengan Bunga Sangat Tinggi

  • Whatsapp


Taipei, Apjatinews.id – Biro investigasi Kriminal Taiwan (CIB) hari ini (4/2) mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menangkap pelaku pemberi pinjaman dengan bunga sangat besar kepada pekerja migran atau rentenir.

Pelaku yang diketahui adalah pemimpin kelompok atau komplotan tersebut seorang pria bermarga Hwang yang berumur 56 tahun, ia mengatasnamakan dirinya agensi pekerja migran.

Dalam melakukan aksinya mereka memanfaatkan pekerja migran seperti dari Thailand, Indonesia, Filipina dan Vietnam, yang menurut pelaku lintah darat mereka mempunyai pendapatan atau gaji tetap.

Komplotan tersebut menggunakan peluangnya dengan cara meminjamkan uang kepada para pekerja migran khususnya mereka yang membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak dengan laba yang sangat tinggi.

Dalam pencariannya di kabupaten Changhwa, CIB berhasil menangkap 13 orang termasuk Hwang dan menyita barang bukti uang tunai lebih dari NTD 12,65 juta.

Menurut dugaan CIB, Hwang selama kurun waktu tujuh tahun telah meminjamkan lebih dari NTD 780 juta kepada pekerja migran dan menghasilkan keuntungan NTD 70 juta.

CIB mengatakan, jumlah korbannya sudah mencapai ribuan orang. Suku bunga yang digunakan kelompok itu melebihi suku bunga tahunan 100%.

Seperti contoh, seorang pekerja migran meminjam uang NTD 40.000, bunga setiap bulannya lebih dari NTD 7.000 sehingga dalam satu tahun bunganya lebih dari NTD 80.000. Hwang bersama kawan-kawannya mengambil keuntungan yang besar.

Dilansir United Daily News (4/2/2021) ke 13 orang pelaku termasuk Hwang kini telah diamankan, mereka akan diproses sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *