Tindaklanjuti MoU, Kepala BP2MI Bertemu Dirut PT Pos Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta, Apjatinews.id – Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani bertemu dengan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi untuk menjajaki kerja sama bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hotel Sari Pasific Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Kepala BP2MI menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya telah bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menjalin komitmen dalam rangka pelindungan PMI.

“Saat itu Menteri BUMN merespons baik dan mengatakan bahwa ke depannya penempatan dan pelindungan PMI semuanya harus serba Merah-Putih, menggunakan produk Indonesia. Pertemuan hari ini sebagai tindak lanjut untuk mewujudkan hal tersebut,” jelas Benny . seperti dilansir bp2mi.go.id, Kamis (18/2/2021). 

Dilanjutkan Benny, PT Pos Indonesia memiliki kantor pos yang begitu banyak dengan jumlah kurang lebih 50.000 kantor, sehingga diharapkan ke depannya PT Pos Indonesia dapat menjadi mitra strategis dalam hal penyaluran remitansi PMI. Hal ini juga menjadi bagian dari komitmennya tersebut.

“Saya tegaskan juga bahwa tidak boleh menggunakan jasa transportasi penerbangan milik asing, harus milik Merah-Putih, Indonesia. Khususnya mereka yang penempatannya melalui skema G to G,” tegas Benny.

Direktur Utama PT. Pos Indonesia (Persero), Faizal menyambut baik penjajakan kerja sama dengan BP2MI ini.

“Nantinya, PMI hanya cukup memiliki paspor untuk membuka akun giro sebagai dasar untuk remitansi dan nanti akan diverifikasi menggunakan data BP2MI. PT Pos Indonesia akan menambahkan kontrol BP2MI di beberapa kantor pos yang bisa menjadi pusat informasi bagi keluarga PMI.

Faizal mengatakan, bahwa saat ini PT Pos Indonesia sedang menyiapkan aplikasi berbasis Android dan IOS di Play Store dan App Store bernama Pos Giro Mobile yang bisa diunduh serta digunakan oleh seluruh PMI.

“Dengan aplikasi ini nantinya mereka bisa melakukan transfer pengiriman uang serta pembayaran apapun. Selain itu disediakan pula layanan untuk saving, asuransi, serta pinjaman. Mudah-mudahan ini dapat menjadi milestone baru melayani PMI dengan lebih baik,” harap Faizal.

Di akhir acara, Kepala BP2MI menyampaikan bahwa dirinya yakin dengan adanya kerja sama dengan PT Pos Indonesia ini akan mempermudah pelayanan BP2MI karena PMI layak mendapatkan perlakuan hormat sebagai warga negara VVIP. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *