Ketahui 10 Profesi Pekerja Migran TKI yang Kini Bebas Biaya Penempatan

  • Whatsapp
Deputi BNP2TKI, Anjar sedang memberikan sosilasasi kepada PMI

Disamping berkontribusi dalam perluasan kesempatan kerja, penempatan PMI juga memiliki kontribusi terhadap perekonomian.

Sebelum pandemi Covid-19, rata-rata remitansi PMI dari tahun 2015 hingga 2019 mencapai USD 9,8 miliar per tahun yang sebagian besar berasal dari Arab Saudi, Malaysia, dan Taiwan.

Dikatakan jika Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) merupakan tanggung jawab negara. Di dalam UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia diatur bahwa pemerintah pusat dan daerah memiliki kewajiban untuk melindungi seluruh PMI mulai dari sebelum bekerja, selama bekerja, hingga setelah bekerja.

Dengan UU tersebut, PMI juga diberikan perlindungan melalui program jaminan sosial nasional. Pemerintah Daerah (Pemda) harus memastikan dokumentasi kependudukan sehingga PMI yang berangkat berdokumen.

Selain itu, Pemda bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan memfasilitasi dan mensosialisasikan agar PMI yang berangkat ke Luar Negeri memiliki kemampuan dan kompetensi agar siap bekerja.

Besarnya potensi penempatan PMI tentunya juga dibarengi berbagai tantangan. Ini antara lain 63 persen PMI masih didominasi pekerja dengan pendidikan SMP ke bawah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *