Jelang Penempatan PMI Kembali, APJATI Gelar Sosialisasi SOP Protokol Kesehatan bagi PMI

  • Whatsapp

APJATINEWS.ID –  APJATI lakukan sosialisasi Standard Operating Procedure (SOP) Penerapan Protokol Kesehatan bagi calon PMI yang diterbitkan Kemnaker.

SOP diterbitkan Dirjen Binapenta dan PKK No3782/PK02.01/IX/2021 Tentang Standar SOP Penyelenggaraan Layanan dan Perlindungan PMI pada BLKLN atau Lembaga Pelatihan Kerja Luar Negeri dan Asrama untuk Pelaksana Pelatihan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Dalam sambutannya di kantor DPP Apjati, Jl. Warung Buncit, Jakarta Sealtan, Jumat (12/11/2021) Ketua Umum Apjati, Ayub Basalamah tegas meminta pada P3MI anggotanya untuk melaksanakan SOP ini secara sempurna.

“Dengan penerapan SOP ini, Apjati akan memastikan PMI yang ditempatkan di negara tujuan benar–benar bebas dari pandemi Covid-19. Negara tujuan juga yakin akan kesehatan PMI yang bekerja di negaranya,” ujar Ayub.

Ayub juga meminta anggotanya akan melaksanakan SOP itu sepenuhnya. Karena itu untuk kepentingan semua pihak.

Di tempat yang sama, Sekjen Apjati Kausar N. Tanjung menjelaskan, SOP ini berisi petunjuk protokol kesehatan bagi PMI yang siap berangkat.

Dijelaskannya, pada bulan ini P3MI bersiap menempatkan PMI setelah negara itu mulai menerima pekerja dari Indonesia mulai Kamis (11/11/2021).

Kausar menambahkan, untuk pemberangkatan ke Taiwan, sebelum diterbangkan, PMI di karantina selama 5 hari di BLKLN, 3 hari 2 malam di karantina di hotel yang telah di koordinasikan dengan Apjati. Saat masuk hotel PMI harus menjukan sertifikat 2 kali telah divaksin, tes antigen dan saat berangkat ke Taiwan dilakukan PCR. (Erwan)

Editor: Zulfikri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *