Sekjen Apjati: Semua PMI ke Taiwan Ikuti SOP Prokes

  • Whatsapp

APJATINEWS.ID – Ratusan pekerja migran Indonesia siang tadi memadati bandara Soekarno – Hatta guna bersiap berangkat ke Taiwan setelah pemerintah Indonesia dan otoritas Taiwan membuka penempatan pekerja ke negara itu sejak 11 November 2021.

PMI yang berangkat pada Selasa (23/11/2021) merupakan bagian dari kuota 1,700 PMI yang diberikan otoritas Taiwan untuk bekerja di negaranya pada penempatan tahap pertama.

Sekretaris Jenderal APJATI Kausar N Tanjung mengatakan  sebelum diterbangkan, ke Taiwan, PMI di karantina selama 5 hari di BLKLN, 3 hari 2 malam di karantina di hotel yang telah di koordinasikan dengan Apjati.

Selain itu, ada juga P3MI yang mengkarantina 7 hari 6 malam di karantina, Hotel, dengan biaya sesuai SOP Prokes Kesehatan menjadi beban majikan. Saat masuk hotel PMI harus menjukan sertifikat 2 kali telah divaksin, tes antigen, cek suhu tubuh.

Kausar menambahkan, koordinasi yang dilakukan APJATI, menurutnya, tidak saja di hotel dengan mendatangkan tenaga medis ke hotel guna melakukan swap pada PMI, tetapi juga pengurusan dokumen imigrasi di bandara hingga PMI diantar ke ruang tunggu keberangkatan.

“Para PMI tinggal duduk manis saja, tidak perlu repot apalagi stres,” tutur Kausar seperti dikutip laman nakeronline.com, Selasa (23/11/2021).

Asosisi berusaha membuat PMI senyaman mungkin dan bahagia selama karantina di hotel dan saat proses keberangkatan di bandara. Sebab hal itu, kata Kausar Tanjung, berpengaruh pada imunitas PMI.

Layanan Very – Very Important (VVIP) ini tidak saja layak diberikan pada pahlawan devisa ini tetapi juga menjaga agar imun PMI tetap prima hingga mereka tiba di Taiwan. Setibanya di Taiwan mereka masih menjalani karantina di hotel atau tempat yang disediakan otoritas Taiwan selama 14 hari dan 7 hari karantina mandiri rumah majikan.

“Apjati mengucapkan terimakasih keberbagai pihak yang telah mendukung kelancaran proses pemberangkatan tahap pertama ke Taiwan,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *